Penyelenggaraan “UI Career & Scholarship Expo XXVII”

Thursday, 28 February 19 | 05:42 WIB

Pekan lalu, Career Development Center UI (CDC UI) menyelenggarakan pameran bertajuk, “UI Career & Scholarship Expo XXVII” yang diadakan selama tiga hari pada 21-23 Februari 2019 di Balairung Kampus UI Depok. Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00-17.00 WIB dan terbuka umum secara gratis. Para pengunjung diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui registrasi.

Koordinator Pelaksana UI C & S Expo XXVII, Amir Mumtazudin mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memfasilitasi lulusan UI dan perguruan tinggi lainnya serta menjembatani mereka antara dunia pendidikan dan pekerjaan hingga akhirnya memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat. “Selain itu untuk memfasilitasi perusahaan dalam memperoleh kandidat yang sesuai dengan kriteria yang mereka minta. Dalam skala besar, kegiatan ini ikut membantu negara untuk mengurangi angka pengangguran,” tambahnya.

Ada tiga hal yang ingin ditampilkan dalam pameran ini, yaitu job fair yang mengundang perusahaan untuk membuka rekrutmen, scholarship expo, dan mengundang para tenant di bidang entrepreneurship. “Lulusan UI ada tiga, mau langsung kerja, kuliah lagi, atau mengembangkan bisnis,” kata salah satu anggota yang bergerak di Divisi Training dan Expo CDC UI tersebut. Pameran ini membuka lebih dari 100 stan yang terdiri dari 81 stan membuka rekrutmen, 12 stan lembaga beasiswa, dan 7 stan entrepreneurship serta terdiri dari banyak perusahaan multinasional. Selain itu, ia menyatakan bahwa kriteria yang dicari dalam pekerjaan tidak hanya menitikkan pada satu jurusan dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saja, tetapi juga melihat seberapa aktif lulusan tersebut saat berkuliah. Ia menargetkan banyak pengunjung yang menghadiri pameran ini.

Salah satu pengunjung bernama Abimanyu yang merupakan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI tahun 2012 memanfaatkan acara ini untuk memilih program beasiswa yang akan diambilnya untuk beberapa waktu ke depan. “Saya berharap lebih banyak kampus yang digandeng supaya pilihannya pun juga banyak,” tuturnya. Yusuf Abdillah, Koordinator Marketing UI, menambahkan harapannya untuk acara ini dapat mengundang perusahaan ternama sehingga mahasiswa UI cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Penulis: Nada Salsabila dan Ruth Margaretha
Foto: Ruth Margaretha
Editor: Grace Elizabeth

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait