Permohonan Wanda-Sayyid Dikabulkan MM, Panitia Pemira Adakan Sidang Banding Ulang

Wednesday, 22 November 17 | 08:34 WIB

Hari ini, (22/11) telah berlangsung Sidang Sengketa Pemilu (PSHP) untuk nomor perkara 02/PSHP-I/2017/MM.UI dengan Pemohon Sdri. Wanda Melani di Ruang MC Hafni, Fakultas Hukum (FH) UI. Agenda sidang kali ini adalah pembacaan putusan.

Dalam sidang, Mahkamah Mahasiswa (MM) melalui Hakim Kontitusi menyebutkan bahwa terdapat inkonsistensi pada perlakuan sidang banding antara Pasangan Bakal Calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI antara El-Shendy dengan Wanda-Sayyid. Dengan begitu, Hakim Konstitusi mengabulkan semua permohonan dari pemohon.

Selanjutnya, melalui banyak pertimbangan, Hakim Konstitusi memutuskan bahwa termohon wajib melakukan sidang permohonan keberatan atau sidang banding kembali untuk Pasangan Bakal Calon Wanda-Sayyid.

Mengenai sidang banding kembali, Mirza Amadea selaku Ketua Pelaksana Pemilihan Raya Ikatan Keluarga Mahasiswa (Pemira IKM) UI 2017 menyatakan akan menjalankan aturan yang telah ditetapkan. “Yaudah kami dari panitia Pemira sesuai dengan aturan hukumnya juga, ya akan menaati peraturannya. Mekanismenya tetap sesuai PP (Peraturan Panitia) 1,” jelasnya.

Adapun permohonan keberatan tersebut dapat dilakukan paling lambat pada Kamis (23/11). Dengan demikian, termohon dijatuhi hukuman dengan membayar uang perkara sebesar Rp. 300.000.

Saat ditanya mengenai hasil sidang keputusan akhir, Sayyid selaku pemohon merasa terkejut. “Sejauh ini masih terkejut sih, karena kan kemarin laporan dari termohon, mereka kan memang memberikan banyak bukti melebih bukti dan argumentasi dari pihak pemohon dan kami pun sempat pasrah karena memang apa yang dimunculkan dari pihak termohon itu lebih bisa dikatakan lebih siap (dan-red) bisa lebih kuat tapi ternyata hasil akhir bisa berkata lain,” ujarnya.

Tak hanya itu, mengenai eksplorasi yang tertunda, Dea menegaskan bahwa tidak ada pengulangan eksplorasi. Hal tersebut sesuai dengan putusan sela dari MM.

“Tidak, karena keputusan sela kemarin itu kan penundaan ya, diputuskannya penundaan atas masa kampanye BEM (untuk-red) Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM (UI-red) gitu. Jadi yang akan kami lakukan adalah meneruskan dari eksplorasi yang sudah kami laksanakan kemarin,” papar mahasiswa angkatan 2013 itu.

 

 

Teks: Halimah Ratna
Foto: Diana
Editor: Eri Tri Anggini

Komentar



Berita Terkait

Dua Pasang Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI Ungkap Kesalahannya Selama Pemira
Peserta Pemira IKM UI Beri Jawaban Soal Kenaikan Biaya Pendidikan Vokasi
Ketua Pelaksana Pemira IKM UI Beri Penjelasan Soal Tidak Lolosnya Wanda-Sayyid
Dinyatakan Lolos Bersyarat, M. Luthfie Arif Merasa Sangat Tidak Puas