Perubahan KAMABA 2019

Monday, 29 April 19 | 08:11 WIB

 

Bertambahnya hari dan perubahan sistem pelaksanaan SBMPTN untuk tahun ini ternyata juga berdampak terhadap Kegiatan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia (KAMABA UI). Menurut hasil Rapat Koordinasi dengan Kemahasiswaan Rektorat Universitas Indonesia yang dilaksanakan pada Senin, 18 Maret 2019 di Ruang Rapat DPKHA, Gedung Pusgiwa Lantai 1 Tower B, KAMABA UI tidak lagi dilaksanakan selama sebulan penuh tetapi hanya 3 minggu. Berdasarkan notulensi rapat koordinasi, pihak universitas mengatakan bahwa alasan dari penyingkatan penyelenggaraan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) 2019 dikarenakan jadwal SBMPTN yang sebelumnya hanya 2 hari, pada tahun ini menjadi 20 hari. Hal tersebut mempengaruhi jadwal registrasi administrasi universitas dan KAMABA UI. Selain itu, kemungkinan kegiatan pembinaan fakultas seluruh Universitas Indonesia hanya akan diadakan dalam waktu 3 hari.

Terakhir terdapat Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknik, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang merupakan kumpulan fakultas yang tidak setuju akan perubahan lamanya KAMABA UI meskipun tetap mengurangi KAMABA Fakultas dari 5 hari menjadi 3 hari, juga Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya yang tidak setuju namun tetap memotong durasi KAMABA Fakultas dari 4 hari menjadi 3 hari.

Rincian perubahan dari keberlangsungan KAMABA UI 2019 juga dilampirkan dalam notulensi rapat koordinasi yang menyatakan bahwa terdapat kemungkinan-kemungkinan kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) akan dipotong sebanyak 3 hari sehingga hanya berlangsung selama 4 hari, Program Cinta Kampus (PCK) menjadi 1 hari dari yang sebelumnya 3 hari, kegiatan registrasi ulang secara daring selama 3 hari, dan Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) akan dilaksanakan setelah diadakan kegiatan OKK dan PCK dari yang sebelumnya dilaksanakan sebelum OKK. Selain itu, kegiatan Seleksi Masuk (SIMAK) UI akan dilangsungkan pada 10 Juli 2019 dengan pembaruan soal berbentuk esai.

Perubahan durasi KAMABA UI tentunya tidak mudah untuk diterima oleh semua fakultas di UI karena perubahan ini turut berdampak kepada lamanya keberlangsungan kegiatan mahasiswa baru di fakultas masing-masing yang sudah menjadi tradisi. Sebagian fakultas menyatakan keberatan sementara sebagian lainnya menyatakan tidak keberatan. Beberapa fakultas setuju untuk mengurangi lamanya keberlangsungan kegiatan mahasiswa baru di fakultasnya tetapi ada juga yang menyatakan akan mengusahakan untuk tetap menjalankan kegiatan mahasiswa baru di fakultas sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya.

Fakultas Ilmu Komputer menyatakan setuju dan tidak merubah lamanya KAMABA Fakultas yang memang berlangsung selama 3 hari. Berikutnya, Fakultas Kesehatan Masyarakat menyatakan setuju dan tidak merubah lamanya KAMABA Fakultas yang memang berlangsung selama 3 hari. Fakultas Kedokteran menyatakan setuju dan kemungkinan akan mengurangi lamanya KAMABA Fakultas yang memang sudah 3 hari menjadi 2 hari. Kemudian terdapat Fakultas Kedokteran Gigi menyatakan setuju tetapi masih akan mengusahakan agar pelaksanaan KAMABA Fakultas tetap dilaksanakan kurang lebih 10 hari walaupun ketentuan yang diberikan oleh UI untuk KAMABA Fakultas adalah 3 hari.

Meskipun juga setuju dengan perubahan lamanya KAMABA UI, Fakultas Ilmu Administrasi akan mengurangi durasi KAMABA Fakultas dari 4 hari menjadi 3 hari dan bersama dengan Fakultas Farmasi yang juga menyatakan persetujuannya untuk mengurangi masa KAMABA Fakultas dari 5 hari menjadi 3 hari.

Sementara itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyatakan tidak setuju dan tidak akan melakukan perubahan sehingga keberlangsungan KAMABA Fakultas tetap 3 hari lamanya dengan tambahan sehari untuk kegiatan Meet The Organization (MTO) sehingga tetap diadakan tambahan kegiatan sehari seperti tahun 2018. Fakultas Ilmu Keperawatan juga menyatakan tidak setuju dan tidak akan merubah lamanya KAMABA Fakultas yang berlangsung selama 3 bulan. Lalu ada Program Vokasi yang menyatakan tidak setuju dan menolak untuk merubah lamanya KAMABA Fakultas dengan tetap menjalankan KAMABA Fakultas selama 4 hari lamanya.

 

Teks: Izdihar Safira Noorhanifah
Infografis: Tim Litbang Suma UI
Editor: Grace Elizabeth
Kontributor: Aryodi

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

 

Komentar



Berita Terkait

Uji Coba Sejak Minggu Lalu, Ini Rute Operasi Transjakarta di UI
Pemira UI 2019: Kebijakan Baru Terkait Sistem Pemungutan Suara dan Kriteria Calon Peserta
Nasib Bus Kuning di Universitas Indonesia
Aksi Secure Parking Jilid 2