Sambut WTPM 2017, Mahasiswa UI Kembali Gelar Aksi

Wednesday, 17 May 17 | 09:09 WIB

Hari ini, Rabu (17/5) telah berlangsung aksi simpatik penolakan pameran WT Process and Machinery (WTPM) yang diselenggarakan di depan gerbang Pintu 2 Jakarta International Expo Kemayoran. Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 17 dan 18 Mei 2017.

Menurut Kessa Ikhwanda, Ketua BEM IM FKM UI, letak perbedaan aksi penolakan WTPM tahun ini dengan aksi tahun sebelumnya adalah adanya follow up yang akan dilakukan setelah aksi dilaksanakan.

Selain itu, Maulidiya Muliawati selaku pihak Hubungan Masyarakat (Humas) dalam aksi ini menyatakan tujuan aksi untuk menggali informasi lebih dalam mengenai pelaksanaan WTPM ini seperti apa sehingga fakta tersebut nantinya akan dijadikan sebagai salah satu bahan advokasi terhadap pemerintah terkait pameran rokok internasional ini.

Maulidiya mengatakan aksi kali ini hanya melakukan propaganda-propaganda yang kreatif.  “Aksi penolakan WTPM ini dikemas lebih kreatif dengan tujuan untuk menarik atensi serta menggerakan masyarakat. Aksi ini juga salah satu bentuk upaya framing media dengan menjaring awareness publik dengan cara-cara yang kreatif,” papar Maul.

Aksi diawali dengan diadakannya longmarch sejauh 1.085 meter yang menandakan jumlah batang rokok yang dikonsumsi per orang per tahunnya, selain itu terdapat propaganda berupa replika rokok besar sepanjang 9 meter, dengan fakta jika rokok asli berukuran 9 cm, dan simbol 9 cm ini juga diadaptasi dari puisi Chairil Anwar yang berjudul “Tuhan 9 cm”.

Simbol lainnya yang terkandung dalam aksi kreatif ini adanya 21 orang yang membawa replika rokok besar dengan makna jika ada 21 orang yang meninggal akibat konsumsi rokok per jamnya.

Berdasarkan laman resmi wtprocessandmachinery.com , disebutkan bahwa WTPM telah menyelenggarakan berbagai konferensi dan pameran yang sukses di seluruh dunia selama 35 tahun terakhir, termasuk Jakarta dan Bali.

Aksi ini dihadiri juga oleh BEM FKM UI, BEM FT UI, BEM Psikologi UI, serta STIKIM, UIN, UMJ, YARSI, UHAMKA dan ISMKMI  (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia) dan ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia).

 

Teks: Elsa Manora

Foto: Amalia Maisurah (FKM 2015)

Editor: Eri Tri Anggini

Komentar



Berita Terkait