Seleksi Dekan UI Unggulkan Kompetensi dan Integritas bukan Popularitas

Tuesday, 19 September 17 | 06:25 WIB

Menjelang pemilihan dekan serentak di 13 fakultas, Rektor UI, M. Anis menerbitkan Peraturan Rektor Nomor 031 Tahun 2017 yang berisi aturan seleksi calon dekan fakultas di UI.

Proses pergantian dekan yang diadakan setiap empat tahun sekali tersebut menggunakan sistem seleksi daripada eleksi. Berdasarkan laman resmi ui.ac.id, pemilihan istilah tersebut memiliki alasan khusus. Istilah seleksi digunakan untuk menghindari ambiguitas dalam pemaknaannya.

Istilah seleksi digunakan untuk membedakan dengan istilah lain, yaitu eleksi. Meskipun kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama, yaitu pemilihan, namun pada dasarnya kedua istilah tersebut berbeda.

Dikutip dari laman resmi UI, penggunaan istilah eleksi lebih mengacu pada popularitas. Sedangkan istilah seleksi lebih didasarkan pada kompetensi dan integritas.

( Baca Juga: Bicara Rekomendasi Mahasiswa dalam Seleksi Dekan )

Tahun ini, pelaksanaan pemilihan dekan diadakan pada rentang waktu 3 Juli 2017-24 Oktober 2017. Rentang waktu tersebut lebih panjang dibandingkan seleksi dekan pada tahun 2013 yang hanya dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu pada bulan Oktober hingga Desember.

Adapun ketigabelas fakultas tersebut, yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Tehnik (FT), Fakultas Matematika dan IPA (MIPA), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan Fakultas Farmasi (FF).

 

Teks: Huda Shidqie, Frista Nanda Pratiwi

Ilustrasi: Diana

Editor: Eri Tri Anggini

Komentar



Berita Terkait