Sidang Kedua, MK Sahkan Permohonan JR Zico dan Josua

Friday, 23 March 18 | 07:17 WIB

Sidang revisi permohonan JR (Judicial Review) UU MD3 (MPR,DPR,DPD, dan DPRD) dengan nomor perkara 18/PUU-XVI/2018 telah dilaksanakan di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat (21/3).

Sidang yang dihadiri oleh  Zico Leonard Djagardo dan Josua Satria Collins sebagai pemohon judicial review UU MD3 menghasilkan keputusan dari hakim yaitu mengesahkan permohonan mereka. “Hakim menerima revisi kami, dan sudah disahkan permohonan kami, mereka akan bawa permohonan kami ke rapat permusyawaratan hakim,” tutur Josua yang merupakan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) 2014.

Sidang tersebut berisi agenda pembacaan petisi permohonan. “Dan kami mencoba merevisi sesuai dengan poin-poin yang dinyatakan oleh hakim, kita sesuaikan, dan ada beberapa, kira-kira sembilan poinlah yang kami ubah, intinya kami sesuaikan dengan permohonan hakim,” jelas Josua.

“Tapi memang ada petitum kami, permintaan kami, kami ubah, tidak seusai dengan permintaan kami di awal. Karena di awal kami minta inkonstitusional bersyarat, tapi sekarang kita minta inkonstitusional total,” tambah Josua. Adapun seperti dijelaskan oleh Zico selaku Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 2016, perbedaan dari inkonstitusional bersyarat dengan inkonstitusional total pasal-pasal di dalam UU MD3 masih berlaku dengan pasal-pasalnya yang dimaknai berbeda, sedangkan inskonstitusional total ialah pasal-pasal di dalam UU MD3 tidak berlaku.

Sidang ini juga dihadiri oleh perwakilan dari BEM UI 2018 yaitu Zaadit Taqwa, Fachri Muchtar, dan Fatimah Azzahra untuk mengawali proses sidang revisi permohonan JR. “Kami akan terus kawal,” ungkap Fatimah selaku Wakadep Kastrat BEM UI 2018.

 

Teks: Kezia Estha T.

Foto: Cherryl Syadera

Editor: Halimah Ratna R.

Komentar



Berita Terkait

Dua Mahasiswa FH UI Ajukan Judicial Review UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme
Hasil Sidang Pleno MK: Permohonan Zico-Josua Tidak Diterima dan UU MD3 Dibatalkan
Zico-Josua: UU MD3 Bukan Sekadar Masalah Praktik
Judicial Review, Aksi Nyata Zico dan Josua Gugat Revisi UU MD3