Starbucks Perpustakaan Pusat UI Pindah Akhir Tahun 2017

Saturday, 30 December 17 | 07:24 WIB

Kamis (27/12) Starbucks Universitas Indonesia (UI) mengonfirmasi kabar simpang siur mengenai tutupnya gerai tersebut di Perpustakaan Pusat UI, Depok. “Kalau untuk tutupnya, kita terakhir buka tanggal 31 Desember,” ujar karyawan berinisial D.

Gerai kopi tersebut akan kembali dibuka pada 6 Januari 2018 di lantai 2 Rumah Makan Mang Kabayan Jalan Margonda Raya, “Jadi nanti buka lagi di toko baru tanggal 6 Januari, lebih tepatnya pindah lokasi,” jelasnya. Sedangkan mengenai alasan penutupan Starbucks UI, hal tersebut tidak diketahui secara pasti oleh pihak mereka karena merupakan komando langsung dari Head Office (HO)

Kalo karena aku baru (pindah—red) ya, juga kurang tahu sebelumnya kalo (di—red) UI tuh akan  tutup. Kalau untuk kenapanya sih kita kurang jelas, cuma dikasih (perintah—red) dari HO itu Starbucks pindah aja, tutup. Jadi sudah nggak akan ada lagi di sini,” tuturnya.

Selanjutnya D juga tidak dapat memberi kepastian apakah alasan penutupan dikarenakan habisnya kontrak atau bukan, dan juga apakah tempat yang digunakan oleh Starbucks UI akan digantikan dengan toko atau gerai lain.

“Kalau itu kurang tahu juga sih, sempet denger mau buka tapi aku kurang tau juga sih buka apa. Pasti bakal ada gantinya juga sih. Aku kurang tahu juga sih karena kita gak ada informasi (tentang—red) itu. Saya juga kurang tahu kalau itu (alasan ditutup), saya kan baru juga belum terlalu tahu banyak kenapa. Mungkin bisa jadi karena abis kontrak terus kita cari tempat baru lagi,” ujarnya.

Selain itu, Imania Al-Faiza Nurfigni, Mahasiswa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) UI angkatan 2017 yang juga pengunjung Starbucks mengatakan bahwa ia tidak setuju apabila Starbucks UI yang berlokasi di Perpustakaan Pusat UI ditutup permanen. “Aku gak setuju karena nanti gak ada tempat lain yang nyaman buat nongkrong dan gak berisik juga,” ujarnya.

Di UI, konsumen Starbucks tidak hanya berasal dari mahasiswa saja, melainkan juga dosen, mahasiswa non-UI, dan masyarakat yang sedang berolahraga di UI saat akhir pekan.

“Kalau yang aku tahu dari dulu sih emang di UI nih emang ramai banget ya, udah pasti mahasiswa tapi mahasiswanya juga bukan dari UI aja sih. Dari universitas yang dekat-dekt sini, terus dosen-dosen, terus kalau weekend kan kita buka, ada yang jogging, yang olahraga, segala macem. Jadi bukan dari si mahasiswanya aja, tapi (memang—red) mungkin 80-90% (konsumennya adalah—red) mahasiswa,” tuturnya.

 

 

Teks: Grace Elizabeth Kristiani dan Ramadhana Afida Rachman

Foto: Muhammad Aufar Alfarisi

Editor: Halimah Ratna Rusyidah

Komentar



Berita Terkait