Tak Pernah Targetkan Jadi Mawapres, Mahasiswa MIPA UI Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Saturday, 15 July 17 | 08:05 WIB

Malam Penganugerahan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2017 yang diselenggarakan di Surabaya pada (13/7), Yudisthira Oktaviandie, Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UI Program Sarjana berhasil meraih juara 2.

Odie, sapaan akrabnya, dalam kompetisi ini membawa karya tulis dengan judul Photobioreactor Lepas Pantai Untuk Produksi Biofuel Berbasis Mikroalga Hasil Rekayasa Genetik Sebagai Sumber Energi Berkelanjutan Di Indonesia.

Selama menjalani Pilmapres 2017, Odie merasa senang sekaligus gugup. Pasalnya, ia bertemu dengan kawan baru sekaligus pesaingnya dalam Pilmapres tersebut.

“Tadi yang pertama kan exited ya ketemu orang-orang hebat, tapi di lain sisi juga di sini sebagai kompetitior dan saya anggap mereka hebat, ada rasa gugup sih”, ungkapnya.

Sebagai perwakilan UI, persiapan Pilmapres yang dilakukan Odie menjadi tantangan tersendiri. Menurutnya, jarak antara momen libur lebaran dengan Pilmapres 2017 membuatnya harus menetap di Depok selama puasa untuk persiapan dan latihan.

“Tapi itu memang harus dilaksanakan sebagai suatu keharusan karena saya sadar tanggung jawab sebagai Mahasiswa Berprestasi UI,” jelas mahasiswa yang merupakan anak rantau itu.

Sebelumnya, Odie tidak pernah menargetkan untuk menjadi Mawapres, “Kalau dari awal menargetkan, dari awal ingin jadi Mawapres, nggak ada sih,” paparnya.

Keinginannya untuk menjadi Mawapres berdasarkan gerakan hatinya setelah menjalani perkuliahan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI.

“Motivasi jadi Mawapres itu saya kan dari MIPA dan MIPA selama ini belum pernah menorehkan satu nama pun menjadi Mawapres UI. Saya tergerak selama perjalanan saya di MIPA,” ujar Odie selaku mahasiswa jurusan Biologi. Dengan begitu, Odie termotivasi untuk bisa berprestasi di tingkat UI maupun tingkat nasional hingga menjadi Mawapres UI.

Kepada seluruh mahasiswa UI, ia berpesan untuk tidak berhenti bermimpi. Namun menurutnya bermimpi bukan berarti terus bermimpi dan tidak melakukan apa-apa. “Jadi harus dibedakan antara mimpi dengan effort (usaha–red) untuk mencapai mimpi itu”.

Odie juga berpesan, “Kenali diri sendiri, kenali potensimu, dan kenali kekuranganmu. Dan ketika kamu sudah mengenali kekuranganmu, usahakanlah untuk terus memperbaiki diri,” tutupnya.

 

Teks: Huda Shidqie

Foto: Kemahasiswaan UI

Editor: Eri Tri Anggini

Komentar



Berita Terkait