Tentang Suma UI

Monday, 09 January 12 | 06:09 WIB

suaramahasiswa.image

Badan Otonom Pers Suara Mahasiswa UI (SUMA) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Indonesia yang menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin berkecimpung dalam bidang jurnalistik dan penerbitan.

SUMA dijalankan sepenuhnya oleh mahasiswa, bernafaskan intelektual, dan bersifat independen terlepas dari intervensi pihak manapun dalam rangka menjalankan fungsi kontrol sosial pers mahasiswa.

Sejak resmi didirikan pada 27 Juni 1992, melalui SK Rektor UI No. 036/SK/R/UI/1992, SUMA telah menerbitkan 30 edisi majalah self titled, Suara Mahasiswa, sebagai perwujudan tak ingin lepasnya SUMA dari iklim intelektualitas. Menyikapi tuntutan pers mahasiswa 1998, tahun 1998-2001, SUMA menerbitkan buletin (harian) pergerakan yang bernama “bergerak!”.

Dan sejak tahun 2003, dalam rangka menjalankan fungsi kontrol pers mahasiswa, SUMA menerbitkan buletin bulanan, “Gerbatama, ini UI!, yang hingga kini telah terbit sebanyak 67 edisi.

SUMA merupakan satu-satunya organisasi pers mahasiswa tingkat universitas yang ada di UI. Statusnya sebagai badan otonom menegaskan bahwa SUMA tidak memiliki garis-garis hubungan struktur, baik dengan organisasi/lembaga lain maupun birokrat kampus.

Alumni-alumni SUMA banyak yang berkecimpung dalam bidang jurnalistik dan bekerja di media-media nasional baik cetak maupun noncetak, seperti Kompas, Tempo, Gatra, MetroTV, TvOne, Astro, Seputar Indonesia, The Jakarta Post.

Divisi – divisi di Suara Mahasiswa

SUMA mempunyai lima divisi kerja yang dibagi berdasarkan keahlian di bidang penerbitan di mana masing-masing divisi saling terkait antara satu dengan divisi lainnya.

Reporter, bertugas melakukan peliputan dan penulisan berita atau laporan untuk setiap terbitan SUMA.

Fotografer, bertugas mangabadikan peristiwa dan meliput berita dengan menggunakan medium foto untuk setiap terbitan SUMA.

Desain, Tata Letak, dan Pracetak (DTP), bertugas merencanakan dan mengeksekusi setiap tampilan visual –tata letak dan artistik– produk SUMA dan kampanye promosinya.

Manajemen Media, bertugas mengelola sumber pendanaan, pemasaran, sirkulasi, dan distribusi setiap produk SUMA, serta bertugas untuk mengatur strategi komunikasi peusahaan ke pihak luar

Litbang, bertugas melakukan penelitian mengenai kondisi baik di dalam maupun di luar lingkungan sivitas akademika UI, dan digunakan sebagai data acuan bagi setiap terbitan SUMA.

Setiap divisi bekerja sama dan bersama-sama kerja dalam menghasilkan produk-produk SUMA. Dan masing-masing anggota divisi tersebut dibekali kemampuan dan keterampilan khusus untuk menjadi terlatih di bidangnya, yang diselenggarakan secara rutin oleh para pakar yang profesional di bidangnya.

Komentar



Berita Terkait