Text Neck: Perhatikan Postur Tubuh Saat Gunakan Gadget

Sunday, 13 September 15 | 08:18 WIB

Seberapa sering Anda menghabiskan waktu dengan gadget (smartphone, tablet, atau laptop)? Seringkah Anda menunduk saat menggunakan gadget?

Di zaman yang serba modern ini, hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki kecenderungan akan teknologi khususnya gadget. Gadget menjadi salah satu gaya hidup yang sulit untuk dipisahkan.

Tanpa memandang usia, tua ataupun muda, banyak waktu yang kita habiskan dengan gadget kesayangan. Padahal, tanpa disadari gaya hidup ini memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Text Neck” merupakan istilah yang akhir-akhir ini sering muncul. Mungkin sebagian dari kita masih merasa asing dengan istilah ini. Namun hal inilah yang sekarang menjadi kekhawatiran tenaga kesehatan, terkait semakin seringnya penggunaan gadget.

Text neck adalah tekanan yang berlebihan pada leher akibat terlalu lama atau sering menunduk saat menggunakan gadget.

Menurut Kenneth K. Hansraj, MD, kepala bagian di New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine yang bertempat di New York, masalah leher dan punggung disebabkan oleh postur tubuh yang buruk saat menggunakan gadget, dalam hal ini smartphone.

Fakta yang mengejutkan adalah, bahwa dalam posisi netral saja berat kepala manusia sebesar 10-12 pounds atau sekitar 4,5-5 kg. Jika kita menundukkan kepala sebesar 15 derajat ke arah bawah karena bermain atau menggunakan gadget, itu berarti kita menambah beban leher kita menjadi 27 pounds atau sekitar 15 kg, tiga kali lipat dari posisi netral.

Bagaimana jika kita semakin menunduk? Jika kita menundukkan kepala sebesar 30 derajat, beban leher kita menjadi 40 pounds atau 18 kg; sebesar 45 derajat menjadi 45 pounds atau hampir 23 kg; dan sebesar 60 derajat meningkat lagi menjadi 60 pounds atau 27 kg.

Hansraj KK. Assesment of Stresses in Cervical Spine Caused by Posture and Position of the Head. New York. National Library of Medicine. 2014

Hansraj KK. Assesment of Stresses in Cervical Spine Caused by Posture and Position of the Head. New York. National Library of Medicine. 2014

Dari apa yang telah disampaikan Kenneth K. Hansraj di atas, serta dari apa yang telah ditampilkan dalam Surgical Technology International XXV dan dipublikasikan di National Library of Medicine, kita dapat melihat peningkatan beban leher yang cukup signifikan jika kita menunduk akibat menggunakan gadget.

Ditambah lagi, orang dengan smartphone (pengguna smartphone -red) menghabiskan waktu antara 700 sampai 1400 jam per tahun, sedangkan remaja menghabiskan waktu yang lebih banyak yakni 5000 jam per tahun. Dapat dibayangkan apa yang akan terjadi dengan gaya hidup seperti ini.

Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk menghindari bahaya dari text neck ini? Hampir mustahil bagi manusia zaman sekarang untuk menghindari penggunaan gadget.

Upaya terbaik yang dapat kita lakukan adalah melihat gadget dengan posisi tulang punggung netral, yaitu dengan menjaga posisi telinga tetap sejajar di atas bahu dan posisi bahu yang ditarik ke arah belakang. Selain itu, alangkah lebih baik jika kita menghindari menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain gadget.

Sumber:

Hansraj KK. Assesment of Stresses in Cervical Spine Caused by Posture and Position of the Head. New York. National Library of Medicine. 2014

Husain M. Fajar Surasno (CIMSA FK UI)

Foto: Alvian Putra Adhitama (CIMSA FK UI)

Desain: Satrio Wahyu F. (CIMSA FK UI)

Editor: Melati Suma Paramita

Komentar



Berita Terkait

Kenali Lebih Dekat Penyakit Skizofrenia