Tiga Alumni Universitas Indonesia Menang Perhitungan Cepat Pilgub 2018

Friday, 29 June 18 | 05:15 WIB

Tiga alumni Universitas Indonesia (UI) yang bertanding di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 dinyatakan menang sebagai gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023 oleh lembaga hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Berikut ini tiga alumni UI beserta daerah kemenangan mereka massing-masing:

  1. Jawa Timur

Pilgub Jawa Timur dimenangkan oleh pasangan calon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan perolehan suara 54.3% berdasarkan hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Pasangan ini diusung oleh Partai Hanura, PPP, Nasdem, Golkar, PAN, dan Partai Demokrat. Khofifah menang di upaya ketiganya setelah telah dua kali gagal di Pilgub 2008 dan 2013.

Khofifah merupakan alumni S2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), beradu dengan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno. Pasangan calon Gus Ipul-Puti memperoleh 45.7% suara. Puti Guntur Soekarno sendiri adalah alumni jurusan Administrasi Negara FISIP UI.

2. Jawa Tengah

Petahana Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berhasil mempertahankan jabatannya di Pilgub Jateng 2018. Pasangan calon Ganjar-Taj Yasin didukung oleh PDIP, Partai Nasdem, PPP, dan Partai Demokrat. Hasil hitung cepat LSI menyatakan Ganjar-Yasin memperoleh 58.3% suara dan menang telak dari pasangan calon Sudirman Said-Ida Fauzia yang mendapatkan 41.7% suara.

Ganjar Pranowo menempuh pendidikan pascasarjana jurusan Ilmu Politik FISIP UI.

3. Nusa Tenggara Barat

Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah yang didukung oleh PKS dan Partai Demokrat berhasil mendulang suara 30.8% dan menang dari tiga pasangan calon lainnya, berdasarkan hasil LSI.

Zulkieflimansyah menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Teks: Alexandro Daniel Marthin
Foto: Istimewa
Editor: Kezia Estha T.

Komentar



Berita Terkait

Dua Mahasiswa FH UI Ajukan Judicial Review UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme
Hasil Sidang Pleno MK: Permohonan Zico-Josua Tidak Diterima dan UU MD3 Dibatalkan
Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Mahasiswa Suarakan Tujuh Kebohongan Industri Rokok dalam Pameran dan Seni
Tanggapi Kasus Terorisme, UKM Kerohanian UI Adakan Doa Untuk Negeri