Tiga Faktor Maraknya Aksi Pencopetan di Wisuda UI

Tuesday, 23 September 14 | 08:26 WIB

Dosen Kriminologi Universitas Indonesia, Ferdinand Andi Lolo dalam wawancaranya kepada SUMA UI mengatakan ada tiga faktor yang mendorong maraknya aksi pencopetan saat wisuda UI, 29 dan 30 Agustus lalu.

Faktor pertama yaitu pelaku memiliki motivasi dalam melakukan tindak kejahatan. Ditambah kondisi ramai saat wisuda berlangsung merupakan situasi yang kondusif bagi pelaku pencopetan melancarkan aksi.

“Pencopet punya motivasi mendapatkan keuntungan dengan cara cepat dengan mencuri dompet atau barang yang dapat langsung dijual. Terlebih jika mendengar kalau kasus kejahatan di UI jarang berujung tuntutan,” katanya saat diwawancara, (18/9).

Faktor kedua adalah kurangnya pengawasan korban terhadap barang bawaannya. Perhatian korban yang teralih oleh keramaian wisuda menjadikan dirinya target yang mudah dijangkau. Sedangkan faktor ketiga yaitu keamanan yang lemah.

“Ini menunjukan para penjaga keamanan tidak dalam posisi mampu mengawasi dan mengidentifikasi pelaku yang berbaur dengan orang-orang yang datang di wisuda,” katanya.

Meskipun begitu Ferdinand sepakat kalau pihak Pembinaan Lingkungan Kampus UI (PLK UI) sebagai penanggungjawab keamanan tidak bisa sepenuhnya disalahkan. “Namun, PLK juga wajib mengevaluasi kinerja dan sistem keamanan yang mereka terapkan.”

Dia mencontohkan sistem keamanan yang baik seperti yang dia ketahui di luar negeri. Pertama dengan memasang CCTV atau False CCTV—yang sebenarnya hanya kamera pengawas palsu. “Hal itu bisa efektif mengurangi keinginan si pelaku untuk mencopet.”

Kedua, dengan cara memasang spanduk besar bertulis “Awas Rawan Pencurian” atau pengumuman berkala lewat pengeras suara saat acara berlangsung. “Meningkatkan awareness pengunjung bisa menyulitkan pelaku melakukan kejahatan,” katanya.

Yogi Febri Setiawan
Foto: katakabar.com

Komentar



Berita Terkait

Untuk Keamanan, Perpustakaan UI Tempatkan Mesin Pemindai
Mempertanyakan Arti Rupawan
Aksi Pencopetan Saat Wisuda, PLK Sudah Melakukan Penjagaan Optimal
Maraknya Aksi Pencopetan di Wisuda UI