Tiga Upaya Hadapi Rawan Street Crime di Kota Depok

Tuesday, 10 October 17 | 01:58 WIB

Berada di daerah dengan jumlah penduduk yang cenderung padat dengan beberapa area yang dapat menjadi objek kejahatan seperti pemukiman, pertokoan, dan kampus membuat street crime rawan terjadi.

Kecamatan Beji, menurut Kompol Putu dalam Seminar “Pemetaan Street Crime dan Kejahatan Narkoba di Kota Depok serta Peran Remaja dalam Pencegahannya”, menempati urutan ketiga sebagai daerah dengan tingkat kerawanan street crime tertinggi di Kota Depok.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kompol Putu menjelaskan ada tiga upaya pencegahan terhadap kejahatan yang dapat dilakukan.

Upaya pertama atau upaya preventif di mana kepolisian berusaha mencari akar permasalahan utama dalam masyarakat dengan cara melihat gejala sosial yang mungkin timbul dan melakukan diskusi dengan masyarakat secara lansung. Upaya kedua adalah tindak lanjut dari upaya preventif seperti mengadakan patroli. Selanjutnya merupakan upaya represif, yaitu tindakan terhadap pelanggaran kejahatan yang telah terjadi.

Terkait dengan segala upaya penjegahan kejahatan, utamanya street crime yang terjadi di Kota Depok, Kompol Putu juga menekankan pentingnya keterlibatan sivitas akademika.

“Peran sivitas akademika merupakan elemen yang cenderung mempunyai kelebihan dari masyarakat lain (karena ilmu pengetahuannya—red). Mahasiswa punya tanggung jawab lebih, menggunakan pola pikir yang lebih sistematis untuk mengidentifikasi dan mencari solusi (bagi permasalahan kejahatan—red). Sehingga menjadi teladan bagi lingkungan masing-masing,” jelasnya pada Jumat (22/9) lalu.

Senada dengan Kompol Putu, Hamid, Dosen Kriminologi UI mengajak mahasiswa untuk berperan aktif dalam masyarakat. “Mahasiswa harus menularkan ilmu pengetahuannya ke remaja, misalnya dengan cara edukasi, kegiatan seni, dan pembuatan media kreatif,” tuturnya. Pasalnya, melalui edukasi, mahasiswa dapat mendorong remaja untuk menjadi edukator bagi remaja yang lain.

 

Teks: Eri Tri Anggini

Foto: Frista Nanda Pratiwi

 

Komentar



Berita Terkait