Tips Cari Modal Wirausaha Ala Mahasiswa

Saturday, 17 June 17 | 08:09 WIB

Saat ini, budaya konsumerisme semakin berkembang. Perkembangan budaya konsumerisme seperti gaya busana dan makanan yang unik memberikan dorongan pada mahasiswa UI untuk berwirausaha.

Minat wirausaha mahasiswa UI dibuktikan dengan survei oleh tim Center for Entrepreneurship Development and Studies (CEDS) UI yang melibatkan koresponden dari berbagai jurusan. Survei tersebut menunjukkan minat mahasiswa untuk berwirausaha berjumlah 97%. Hal ini menunjukan hampir semua mahasiswa UI berminat menjadi wirausahawan.

Dalam membangun sebuah bisnis tentunya banyak halangan yang terjadi. Pada survei yang telah disebar ke mahasiswa dari berbagai jurusan di UI, didapatkan hasil bahwa 86% dari sampel partisipan mengalami kebingungan dalam memulai atau membangun sebuah bisnis.

Hal tersebut membuktikan tingkat minat dalam berwirausaha pada mahasiswa UI tinggi namun banyak sampel penelitian yang masih mengalami kebingungan dalam berbisnis.

Hal yang dibingungkan oleh sampel partisipan cukup beragam, dapat disimpulkan mahasiswa mengalami kesulitan cara memulai bisnis dengan baik dan cara mendapatkan modal.

Untuk mengatasi kesulitan mendapatkan modal, pencarian modal dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, mencari investor yang ingin membantu mendanai bisnis yang akan dijalani.

Kedua, mencoba mengikuti lomba-lomba bisnis. Dengan mengikuti lomba-lomba bisnis, memberikan kita peluang untuk mendapatkan modal untuk bisnis kita.

Beberapa lomba yang ada biasanya untuk para pemenang diberikan pemberian modal bisnis maupun uang tunai yang cukup besar. Oleh karena itu, hendaknya kita dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti perlombaan dan memilih perlombaan bisnis yang sesuai dengan minat dan tujuan kita.

Ketiga, meminta teman-teman untuk menanamkan modal di bisnis kita apabila mencari investor khusus untuk membiayai bisnis-bisnis dirasa sulit, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meminta bantuan kepada teman-teman kita yang berlebih untuk menanamkan modal untuk bisnis kita dalam bentuk saham.

Kemudian, yang terakhir adalah mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Program ini membantu mahasiswa selain modal juga memberikan fasilitas seperti pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, perencanaan bisnis serta pendampingan.

Faktor Tumbuhnya Minat Wirausaha

Minat berwirausaha pun dipengaruhi oleh tiga faktor, yakni toleransi akan risiko, keberhasilan diri dalam berwirausaha, dan kebebasan dalam bekerja.

Adapun pengertian toleransi akan risiko, yakni seberapa besar kemampuan dan kreativitas seseorang dalam menyelesaikan besar kecilnya suatu risiko yang diambil untuk mendapatkan penghasilan yang diharapkan.

Setiap bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing entah risiko sulit mencari konsumen atau yang lainnya. Kemampuan dan kreativitas seseorang dalam menyelesaikan risiko tersebut mempengaruhi minat seseorang dalam berwirausaha.

Jika seseorang berani mengambil risiko dalam berbisnis maka ia memiliki minat dalam berwirausaha.  Keberhasilan diri dalam berwirausaha merupakan pendorong keinginan seseorang untuk menjadi wirausahawan, karena persepsi keberhasilan sebagai harapan akan pencapaian tujuan usaha.

Jadi ketika orang optimis bahwa usahanya akan berhasil maka ia akan memiliki minat lebih tinggi dalam berwirausaha. Kebebasan dalam bekerja contohnya seperti mengerjakan urusan mereka dengan cara sendiri, memungut laba sendiri dan mengatur jadwal sendiri.

Teks: CEDS UI

Foto: Sumber Istimewa

Komentar



Berita Terkait