Tips Memilih Jenis Usaha Sampingan yang Menghasilkan

Monday, 20 June 16 | 07:17 WIB

Ketika penghasilan sebagai karyawan perusahaan swasta maupun negeri tidak memberi jaminan Anda bisa mencukupi semua kebutuhan hidup, tentu Anda ingin memulai usaha sampingan dengan modal kecil yang tetap menghasilkan keuntungan besar. Namun demikian, sebelum Anda memilih usaha yang sesuai, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Koneksi usaha

Ketika Anda ingin membuka bisnis di bidang tertentu, salah satu hal yang perlu Anda miliki adalah koneksi usaha yang dapat memperlancar usaha tersebut. makin banyak kolega yang Anda miliki untuk memulai bisnis bisa membuat bisnis yang dijalankan aman dan lancar.

Contohnya saat Anda ingin membuka usaha katering makanan atau kue kering, Anda bisa mencari distributor atau penyedia bahan baku yang memberikan harga murah dan berkualitas. Dengan demikian, Anda bisa mengkalkulasi harga jual yang membuat Anda kembali modal.

Jenis usaha

Ketika Anda ingin mengembangkan bisnis rumahan untuk mengisi waktu senggang, hal lain yang perlu Anda pikirkan adalah jenis usaha yang ingin dilakukan dan ketersediaan tenaga kerja yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Dengan mengetahui jenis usaha dan total tenaga yang dimiliki, Anda bisa mengkalkulasi deadline waktu setiap pesanan yang Anda kerjakan dan total biaya yang bisa Anda kenakan untuk produk maupun jasa yang dijual.

Sebagai contoh, Anda membuka bisnis skala rumahan di bidang jahitan dan ketika ada pesanan, maka yang bisa membantu Anda hanya keluarga yang berjumlah 4 orang, maka Anda bisa memperkirakan berapa lama deadline waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian pesanan dan harga yang dibebankan pada konsumen untuk jasa Anda.

Modal awal

Ketika Anda memulai sebuah bisnis, hampir dipastikan modal yang dikeluarkan tidak mungkin nol, bahkan untuk bisnis dengan basis online sekalipun. Hanya saja untuk bisnis yang menggunakan internet umumnya menghabiskan modal lebih sedikit jika dibandingkan dengan bisnis yang dijalankan secara konvensional. Baca juga: Aneka Makanan Tradisional Kemasan Modern

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis kalkulasi modal awal yang diperlukan dengan membuat daftar peralatan maupun perlengkapan yang diperlukan. Contoh, untuk usaha di bidang holtikultura, Anda membutuhkan dana untuk pembelian alat pertanian, benih tanaman, pupuk, maupun perlengkapan lainnya.

Pangsa pasar

Ketika Anda ingin memulai usaha sampingan, agar Anda tahu sistem promosi seperti apa yang bisa diterapkan, maka Anda perlu melihat pangsa pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang dijual. Anda perlu melakukan survey sedetail mungkin untuk membuat produk yang dijual tepat sasaran. Sebagai contoh Anda ingin memulai usaha di bidang fashion wanita, bedakan produk berdasar usia, model pakaian, maupun aksesoris yang bisa dilekatkan pada pakaian yang dijual.

Cara jual dan promosi

Hal lain yang perlu Anda pikirkan adalah masalah cara jual maupun sistem promosi. Untuk bisnis pemula, ada dua cara yang sering ditempuh, yaitu cara offline dengan langsung mendirikan counter atau cara online dengan pembuatan website maupun promosi media sosial.

Kedua cara ini memiliki keuanggulan dan kelemahan masing-masing. Namun apapun pilihan yang ingin Anda ambil, sesuaikan dengan beberapa hal seperti:

  1. Efisiensi dan efektivitas penjualan dibandingkan dengan modal yang sudah dikeluarkan,
  2. Berapa jumlah kompetitor yang dimiliki untuk usaha yang dilakukan di bidang serupa,
  3. Cara promosi maupun strategi penjualan yang diterapkan oleh kompetitor,
  4. Nilai jual atau nilai tambah produk yang Anda jual jika dibandingkan dengan produk kompetitor. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, tentu bisnis rumahan yang dilakukan akan berkembang tanpa banyak masalah.

Teks: Ads

 

Komentar



Berita Terkait