Tolak kenaikan BBM, BEM Se-UI dan Organ Gerakan UI Lakukan Aksi

Thursday, 20 November 14 | 12:58 WIB

Badan Eksekutif Mahasiswa UI, dan sejumlah BEM Fakultas (BEM se-UI), bersama Pandu Budaya FIB UI, Himpunan Mahasiswa Islam FIB UI dan Front Aksi Mahasiswa UI melakukan aksi tolak kenaikan BBM di pelataran Stasiun UI, pada Rabu sore (19/11). Mereka mendesak pemerintah segera mancabut kebijakan penaikan harga BBM bersubsidi.

“Kenaikan BBM nantinya akan menyebabkan efek  domino  dan masyarakat menengah ke bawahlah yang merasakan langsung imbasnya,” ujar  Wakil Ketua BEM UI,  Ahmad Mujahid saat ditemui disela-sela aksi.

Ia menambahkan penaikan BBM yang dilakukan pemerintah tidak berada pada waktu yang tepat dan ia menyayangkan belum adanya pembahasan  lebih yang dilakukan pemerintah. Ia juga mempertanyakan  apakah tiga kartu yang dibuat pemerintah akan tepat sasaran nantinya

Sementara itu, Muhammad Jati, mahasiswa yang aktif di  Pandu Budaya, menilai Jokowi telah melanggar pasal 23 ayat 1, 2 dan 3 UUD 1945 karena Jokowi tidak melibatkan DPR dalam keputusannya menaikan BBM.

“Penaikan BBM tanpa persetujuan DPR bisa dilakukan jika harga minyak dunia mengalami kenaikan, padahal  harga minyak saat ini sedang turun,” tuturnya.

Dalam aksinya, mereka menilai permasalahan BBM yang paling utama adalah konteks hulu migasnya serta masih ada solusi jangka pendek yang dapat dilakukan pemerintah  dengan cara hanya memperbolehkan kendaraan umum dan motor yang menggunakan BBM bersubsidi.

Selain itu, mereka menawarkan solusi jangka menengah dan panjang yang sebenarnya dapat dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan  mengurangi belanja kementrian yang tak efektif, menaikan pajak serta memberantas korupsi secara siginifikan.

“Jalan keluarnya bukan pada penaikan BBM melainkan perbaikan tata kelola migas,” ujar Gradinagara, selaku Deputi kastrat BEM UI ditengah aksi.

Seperti diketahui, pada Senin  malam (17/11), Jokowi memutuskan  menaikkan harga BBM hingga Rp 2.000 . Pemerintah beralasan, pengurangan subsidi BBM nantinya akan  dialokasikan ke  sektor produktif.

Anggino Tambunan
Foto: M. Toha

Komentar



Berita Terkait

Semar UI Lakukan Aksi Tolak Kenaikan BBM
BEM FE UI Dukung Kenaikan Harga BBM
OKK UI 2014: Kita UI!
Aksi Menolak Kenaikan Harga BBM Maret 2012