Uji Coba Spekun Baru Sudah Terbuka untuk Umum

Sunday, 24 February 19 | 08:30 WIB

Universitas Indonesia (UI) sedang melakukan uji coba untuk sepeda kuning versi baru. Uji coba ini terbuka untuk seluruh civitas academica UI. Mahasiswa diperbolehkan menggunakan sepeda kuning ini ke manapun selama masih dalam lingkungan kampus.

Untuk saat ini, sepeda kuning hanya memiliki dua shelter, yaitu di Perpustakaan Pusat (Perpusat) dan Halte Pondok Cina (Pocin). Meski demikian, Angga, selaku pimpinan operasi dari pihak swasta Banopolis, menuturkan bahwa nantinya akan terdapat lebih dari dua shelter.

“Untuk shelter-nya kita di sini ready ada dua sementara, tapi untuk selanjutnya nanti ada sekitar 25,” terang Angga.

Perihal peminjaman, mahasiswa tidak perlu lagi menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Sepeda baru ini dilengkapi dengan  QR Code yang berguna untuk membuka smart-lock yang berada di bawah jok. Namun, pertama-tama mereka perlu memiliki aplikasi Spekun.id dalam ponselnya. Lalu, peminjam melakukan registrasi akun dengan menggunakan webmail UI. Registrasi menggunakan webmail UI ini diperlukan untuk menentukan apakah peminjam terdaftar sebagai civitas akademica UI atau tidak.

Aplikasi spekun.id ini masih dalam tahap beta. Sepeda nantinya juga akan dilengkapi teknologi NB-IoT. Teknologi ini digunakan untuk melacak laju sepeda. Telkomsel, selaku perusahaan telekomunikasi, merupakan perusahaan yang menyuplai alat teknologi tersebut.

Sepeda kuning UI terbaru ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Indonesia, perusahaan telekomunikasi Telkomsel, dan startup teknologi yang bergerak di bidang transportasi yaitu Banopolis. Setelah uji coba, sepeda ini akan grand launching pada bulan Maret atau April mendatang.

Bagi civitas academica UI yang ingin mencoba Spekun, aplikasi ini belum ada dalam Play Store maupun iOS Store, oleh karenanya peminjam perlu mengunduh lewat pihak Spekun yang berada di shelter yang tersedia.

 

Penulis: M. Aliffadli
Foto: Ali
Kontributor: Syarifah
Editor: Grace Elizabeth

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Aksi Untuk Negeri Angkat Kemanusiaan Sebelum Kekuasaan
BOP Dari Tahun ke Tahun
Kampung Digital : Program Melek Teknologi di Masyarakat
Perubahan KAMABA 2019