Youth Finance Indonesia Ajak Milenial Learn, Save, Earn

Thursday, 11 April 19 | 09:44 WIB

Global Money Week (GMW) merupakan sebuah perayaan tahunan tingkat internasional yang diinisiasi oleh Child and Youth Finance International (CYFI) dalam rangka menginspirasi anak-anak dan pemuda untuk belajar seputar keuangan. Youth Finance Indonesia (YFI) sebagai organisasi kepemudaan nonprofit yang bergerak di bidang literasi finansial telah menyelenggarakan GMW 2019 yang bertemakan “Learn.Save.Earn” pada Sabtu, 30 Maret 2019 di Balairung Universitas Indonesia (UI).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan memiliki sesi inti berupa panel diskusi. Sebelum sesi inti dimulai, para pembicara menyampaikan materi terlebih dahulu dengan mengangkat 4 isu, yaitu budgeting, saving, investing, dan insurance. Metta Anggriani, Certified Financial Planner serta pendiri dari Anggraini & Partners, mengangkat isu budgeting sebagai isu pertama yang kemudian dilanjut oleh Albertus Hendro selaku Vice President Digibank Product di Bank DBS Indonesia dengan isu saving. Selanjutnya Muhammad Hanif selaku Director Business Development di Tanamduit membawakan materi mengenai investing dan terakhir adalah insurance oleh Yoga Prasetyo selaku Managing Director Sharia di Allianz Indonesia.

Masuk ke Panel Diskusi GMW 2019 yang dipandu oleh Westra Tanribali dengan tema “Fostering Good Financial Habits For Millenials” yang mampu memberikan informasi mengenai cara hidup sampai dengan tips mengatur keuangan secara tepat bagi generasi milenial. Westra selaku pemandu acara menyampaikan apresiasinya karena menurutnya acara ini berhasil menjawab kebutuhan dasar anak muda untuk dapat mengelola keuangan.

“Jadi kita bukan cuma…tau gimana cara hidup sehat, cara (hidup tetap –red) gaul, tapi kita juga tau gimana cara kita mengelola keuangan karena menurut aku itu (adalah –red) salah satu kebutuhan yang paling mendasar buat (generasi –red) millenials ya,” ucapnya. Pria yang merupakan bagian dari ASEAN Youth Ambassador ini juga menyampaikan harapannya agar partisipasi pemuda dalam acara ini semakin meningkat.

Dian Nur Mujianti, siswi kelas X di SMK 11 Jakarta, ini menyampaikan rasa senangnya terhadap GMW 2019. “(GMW 2019 –red) bagus…karena materinya mendidik,” ujar Dian sembari tertawa kecil sesekali.

Selain penyampaian materi, terdapat pula pameran dalam ruangan Balairung UI dari berbagai institusi yang bekerja sama dengan GMW 2019 yang dapat dikunjungi oleh peserta guna mendapat pengetahuan lebih, khususnya mengenai keuangan. Pembagian hadiah lomba dan door prize kepada peserta yang beruntung menjadi penanda acara akan segera diakhiri.

“Semoga kedepannya, Youth Finance Indonesia dapat menjalankan Global Money Week Indonesia dengan (memberikan –red) dampak positif yang lebih luas, melibatkan lebih banyak pihak di dalamnya, dan (acara ini –red) terus berkelanjutan,” harap Mohammad Fandy selaku Project Officer GMW 2019. Sampai berjumpa di Global Money Week Chapter Indonesia tahun 2020!

 

Teks: Ajeng Riski Anugrah
Foto: Halimah Ratna R.
Editor: Grace Elizabeth K.

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Menyelisik Kisah Dibalik Kemenangan Syamsuri Firdaus dalam Ajang MTQ Internasional di Turki
Aksi Untuk Negeri Angkat Kemanusiaan Sebelum Kekuasaan
BOP Dari Tahun ke Tahun
Kampung Digital : Program Melek Teknologi di Masyarakat