Yudhistira Oktaviandie dari FMIPA Raih Gelar Mawapres Utama UI 2017

Friday, 21 April 17 | 11:52 WIB

Kemarin, Jumat (21/4) diselenggarakan Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa Universitas Indonesia 2017 di Balairung, Kampus UI Depok. Acara itu dihadiri oleh para finalis Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Utama Universitas Indonesia 2017 dan para sivitas akademika UI.

Dalam acara tersebut, diumumkan bahwa Mawapres Utama UI 2017 yang terpilih adalah Yudhistira Oktaviandie dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dengan terpilihnya Yudhistira, itu artinya ia yang akan menjadi perwakilan UI untuk maju ke pemilihan Mawapres Nasional.

Selain menyabet gelar sebagai Mawapres Utama UI 2017, mahasiswa yang akrab dipanggil Odie tersebut juga berhasil memenangkan Mawapres pada kategori Curriculum Vitae (CV) Terbaik dan Mawapres Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi (Saintek) Terbaik.

Odie dalam pemilihan Mawapres Utama UI tersebut merasa terharu dan tidak menyangka dapat mendapat predikat sebagai Mawapres Utama.

Menurutnya, hal itu karena pada awalnya ia tidak menargetkan untuk menjadi Mawapres Utama. Ia menambahkan, yang terpenting baginya adalah bisa membawa nama Departemen Biologi dan FMIPA di tingkat universitas.

Menurut Anna Amalyah Agus, Kepala Sub Direktorat Kegiatan Penalaran Mahasiswa UI, Pemilihan Mawapres kali ini merupakan era kebangkitan FMIPA.

“Kita tahu dari zaman dulu mapres nasional adalah dari Rumpun Sosial Humaniora dan sedikit Teknik, tapi sekarang bahkan mapres-mapres dari univ (universitas—red) lain berasal sari FMIPA,” ujarnya.

Dalam Pemilihan Mawapres Utama UI kali ini, Yudhistira Oktaviandie berharap, “Bidang sains dan teknologi di UI terutama di FMIPA bisa lebih maju lagi,” ujarnya. Selain itu, ia juga berpesan kepada mahasiswa yang lain, “Dreaming and do it!”

Para Peraih Mawapres Tiap Kategori

Kali ini, untuk Mawapres Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Terbaik, dimenangkan oleh Asti Safira dari FKM. Kemudian, untuk kategori Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora (Soshum) Terbaik dimenangkan oleh Alif Azadi Taufik  dari FEB. Selain itu, Mawapres jenjang D-3 dimenangkan oleh Tubagus Akbar Ikhwandi dari Program Vokasi.

Mawapres dalam kategori Karakter Terbaik dimenangkan oleh Stevanus Samudra dari FK sedangkan untuk kategori Makalah dan Presentasi Terbaik dimenangkan Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi dari FISIP. Untuk kategori Berbahasa Inggris Terbaik, diraih oleh Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi dari FISIP.

Para finalis Pemilihan Mawapres UI tahun ini antara lain adalah Alif Azadi Taufik  dari FEB, Ratu Anisa Suryasumirat dari FIB, Syifa Amania Afra dari FIA, Stevanus Samudra dari FK, Asti Shafira dari FKM, Muhammad Reza Qorib dari Fasilkom, Chita Arifa Hazna dari FH, Sabrina Amira dari  FKG, dan Yudhistira Oktaviandie dari FMIPA.

Selain itu, ada Aditya Benyamin dari FPsi, Nukita Wachid dari FIK, Muhammad  Zaki Zahirsyah  dari FT, dan Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi dari FISIP. Sementara dari Program Vokasi terdapat dua calon yaitu Tubagus Akbar Ikhwandi dan Reva Pernanda.

Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa Universitas Indonesia 2017 tersebut dimeriahkan oleh para mahasiswa UI yang turut memberi dukungan kepada Calon Mawapres Utama.

Sebelum menuju acara puncak yaitu Pengumuman Mawapres Utama UI 2017, dibacakan apresiasi Mahasiswa Berprestasi di Bidang Penalaran, Bidang Seni Budaya dan Olah Raga.

Teks: Halimah Ratna dan Fira Shabrina

Foto: Cindy Andika Fiona

Komentar



Berita Terkait