Kepala Departemen Akprop BEM UI 2022 Dipecat karena Terjerat Kasus Kekerasan Seksual

Redaksi Suara Mahasiswa · 17 September 2022
1 menit

Melalui lama instagram resminya, BEM UI mengeluarkan surat keputusan pemberhentian secara tidak hormat kepada salah satu fungsionaris BEM UI pada Jumat (16/09). Surat tersebut memuat keputusan BEM UI untuk memberhentikan terduga pelaku kekerasan seksual dengan inisial TN—-yang merupakan seorang Kepala Departemen Aksi dan Propaganda (Akprop) BEM UI.

Kasus ini menambah daftar panjang kekerasan seksual yang terjadi dalam lingkaran aktivis. Mengingat pada periode kepengurusan sebelumnya fungsionaris dengan jabatan Kepala Departemen Akprop BEM UI berinisial S, juga diberhentikan secara tidak hormat karena kasus kekerasan seksual. Posisi TN selaku Kepala Departemen Akprop pun digantikan oleh Taffi Kurniawan yang sebelumnya merupakan Wakil Kepala dari departemen tersebut.

Laporan kasus diterima pada 8 Juli 2022, yang kemudian ditindaklanjuti oleh BEM UI dengan pembentukan Tim Khusus. Pada pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh Tim Khusus BEM UI , terduga pelaku berulang kali mengelak dan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap kesaksian-kesaksian yang diutarakan oleh pendamping korban. Forum-forum lanjutan yang kemudian melibatkan korban, pelapor, dan saksi pun diadakan.

Berdasarkan keterangan surat pemberhentian, tindakan kekerasan seksual yang dilakukan oleh TN kepada korban ialah berupa pelecehan seksual verbal yang merendahkan harga diri korban dan setidaknya dilakukan lebih dari tiga kali. Terduga pelaku melontarkan "lelucon" yang mengarah kepada ajakan berhubungan seksual, menatap sembari membercandai bagian tubuh korban dengan nuansa seksual.

"Terhadap beberapa kejadian kekerasan lain yang dilaporkan, Saudara TN mengakui terjadinya kejadian tersebut namun menganggap kejadian tersebut tidak termasuk ke dalam bentuk-bentuk kekerasan seksual yang ia pahami," demikian bunyi salah satu poin dalam surat pemberhentian tersebut.

Pengelakan tersebut merupakan bentuk kontradiksi dari isu penting yang selama ini diperjuangkan oleh Departemen Akprop BEM UI. Dalam Permendikbud tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, pelecehan seksual verbal, sebagaimana yang dilakukan oleh TN, merupakan salah satu bentuk kekerasan seksual yang harus ditindaklanjuti.

Teks: Syifa Nadia
Editor: Dian Amalia
Ilustrasi: Lazzuarda P.

Pers Suara Mahasiswa UI 2022
Independen, Lugas, dan Berkualitas!