Sidang Verifikasi Pemira 2021: Bayu-Arinny Lolos, Taqyuddin Lolos Bersyarat

Redaksi Suara Mahasiswa · 16 November 2021
1 menit

Panitia Pemilihan Raya IKM UI 2021 telah melaksanakan sidang verifikasi berkas terbuka untuk bakal calon Majelis Wali Amanat Unsur Mahasiswa (MWA UM) dan bakal calon Ketua-Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2021-2022. Sidang verifikasi yang diselenggarakan pada Selasa, 16 November 2021, pukul 19.15 WIB tersebut menetapkan bakal calon tunggal Ketua dan Wakil Ketua BEM Bayu Satria Utomo (FISIP 2018) dan Arinny Shafira Khairunisa (FKG 2018) lolos verifikasi, sementara bakal calon MWA UM Muhammad Taqyuddin Abdurrosyid (FISIP 2018) lolos bersyarat.

Dalam sidang verifikasi yang dipimpin langsung oleh Ketua Kongres Mahasiswa UI, Leon Alvinda Putra, tersebut, komite verifikasi memaparkan terlebih dahulu hasil pemberkasan Taqyuddin yang berhasil melengkapi kesepuluh syarat-syarat umum yang ditetapkan Panitia Pemira. Akan tetapi, dalam pemaparan syarat-syarat administratif, Taqyuddin tidak memenuhi kriteria pasfoto terbaru yang diatur berukuran 3x4, sementara pihak Taqyuddin menyerahkan pasfoto berukuran 2x3. Selain itu, kuorum 85 petisi dukungan lengkap dari 15 fakultas yang harus diperoleh Taqyuddin, baru tercapai di 13 fakultas, yakni kecuali Fakultas Hukum yang hanya terkumpul 61 dari 85 petisi lengkap dan Fakultas Kedokteran yang hampir mencapai ambang batas, dengan 84 petisi lengkap dari 85 petisi yang dipersyaratkan

Selanjutnya, komite verifikasi memaparkan hasil pemberkasan Bayu-Arinny yang berhasil melengkapi 11 syarat umum yang ditetapkan dan 18 syarat administratif secara paripurna, dengan kuorum 85 petisi dukungan dari 15 fakultas yang juga berhasil dipenuhi. Dengan demikian, sidang verifikasi menetapkan pasangan Bayu-Arinny lolos verifikasi, sementara Taqyuddin dinyatakan lolos bersyarat dan diberikan kesempatan 2x24 jam untuk memenuhi kelengkapan syarat administratif tersebut di atas, dengan batas waktu hari Kamis, 18 November 2021, pukul 19.55 WIB. Apabila tidak berhasil melengkapi, Taqyuddin akan dinyatakan tidak lolos dan tidak dapat melanjutkan pencalonannya di Pemilihan Raya IKM UI 2021.

Sebelum menutup sidang, dengan penetapan lolos bersyarat kepada Taqyuddin, Ketua Sidang memutuskan akan menggelar sidang verifikasi kedua pada Kamis, 18 November 2021, pukul 22.00 WIB dengan agenda verifikasi hasil pemberkasan kedua untuk menentukan keberlanjutan pencalonan Taqyuddin dalam Pemilihan Raya IKM UI 2021.

Teks: Chris Wibisana
Kontributor: Satrio Alif
Foto: Kongres Mahasiswa UI
Editor: Nada Salsabila

Pers Suara Mahasiswa UI 2021
Independen, Lugas, dan Berkualitas!